Program Pascasarjana Unsoed

Lokakarya Pedoman Penulisan Tesis

Posted by pascaunsoed pada 21 Desember 2007

Bertempat di Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP), pada hari Kamis 6 Desember 2007 diadakan Lokakarya Pedoman Penulisan Tesis Program Pascasarjana Unsoed. Lokakarya dimaksudkan untuk menyempurnakan penyusunan pedoman penulisan tesis yang baru bagi mahasiswa program magister.

Dalam sistem pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), tesis merupakan bagian dari persyaratan bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar magister. Oleh karena itu, tesis merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa menjelang akhir masa studinya. Penulisan tesis telah menjadi ciri pokok kegiatan perguruan tinggi khususnya bagi mereka yang menempuh pendidikan program pascasarjana S2. Tesis adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa S2 menjelang akhir masa studi. Tesis merupakan karya ilmiah yang ditulis atau dikerjakan sesuai dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah. Pembuatan tesis merupakan salah satu sarana bagi kalangan akademik pada suatu perguruan tinggi dalam mengkomunikasikan informasi, gagasan, kajian dan atau hasil penelitian.

Penulisan Buku Pedoman Tesis ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi mahasiswa dan juga pembimbing dalam menyusun laporan kegiatan tugas akhirnya. Penulisan tesis juga akan membantu dalam mengarahkan penulisan tesis. Di samping itu dalam buku pedoman ini diberikan panduan penulisan karya ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal. Publikasi artikel ilmiah dalam jurnal ilmu pengetahuan merupakan salah satu bentuk diseminasi hasil penelitian untuk kalangan yang lebih luas.

Dalam penulisan tesis perlu diperhatikan kode etiknya. Secara umum ada dua hal yang terkait dengan etika dalam penulisan tesis. Pertama, terkait dengan pengutipan dan perujukan, perijinan terhadap bahan yang digunakan, penulisan sumber data yang digunakan. Kedua, terkait dengan kejujuran penulis dalam menampilkan data dan informasi yang ditulis dalam tesis.

Materi dan tingkat kedalaman permasalahan yang dibahas dalam tesis memiliki cakupan yang lebih luas dan mendalam dibandingkan dengan skripsi. Karya ilmiah tersebut dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian, kajian pustaka maupun hasil kerja pengembangan. Kualitas tesis harus lebih tinggi dibandingkan dengan skripsi untuk bidang kajian yang sama dan tidak berlaku bila dibandingkan dengan bidang kajian yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: