Program Pascasarjana Unsoed

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

Posted by pascaunsoed pada 31 Mei 2010

Sejak dicanangkan tahun 2009 sebagai tahun kewirausahaan, Universitas Jenderal Soedirman terus melakukan langkah konkret untuk mewujudkannya.  Salah satu yang dilakukan adalah dengan diselenggarakannya Pelatihan Kewirausahaan yang kali ini dilaksanakan di Gedung Rektorat Lantai III Unsoed, Senin 17 Mei 2010 yang diikuti oleh 62 peserta yang merupakan perwakilan tiap Fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas.

Latar belakang diselenggarakannya pelatihan ini menurut Ketua Panitia, Drs Endro Yuwono, M.Si diantaranya adalah serapan lulusan Perguruan Tinggi dari tahun ke tahun yang semakin terbatas sementara di sisi yang lain lulusan Perguruan Tinggi sangat banyak dan bertambah dari waktu ke waktu, hal ini menyebabkan persaingan mendapatkan lapangan kerja semakin ketat dan kompetitif.  Sehingga tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap aspek kewirausahaan dalam peranannya menciptakan peluang kerja bagi lulusan.  Dengan demikian, diharapkan setelah pelatihan ini mahasiswa memiliki wawasan yang memadai dan sikap mental kewirausahaan serta membentuk kelompok-kelompok kecil setelah pelatihan ini guna membuat rencana bisnis.

Rektor Unsoed, Prof. Edy Yuwono, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa enterpreneurship menjadi sangat penting sebab persaingan global ke depan akan semakin ketat dan semakin cepat.   “Dari hari ke hari era kita menjadi sangat kompetitif, oleh sebab itu kita harus mulai segera berorientasi untuk meningkatkan kualitas diri.  Hal ini menuntut penyikapan yang strategis pada semua Perguruan Tinggi, termasuk Unsoed”, demikian kata Prof. Edy.  Penyikapan yang dimaksud adalah salah satunya, lulusan Unsoed tidak saja memiliki bekal ketrampilan teknik yang memadai, tapi juga harus memiliki kemampuan akademik dan yang lebih penting lagi memiliki kemandirian. Prof. Edy juga mengingatkan bahwa tuntutan pasar kerja yang sebelumnya didominasi oleh kompetensi yang bersifat hard skill, kini hal itu saja tidak cukup dan tuntutan lebih justru pada kompetensi yang bersifat soft skill termasuk di dalamnya kemampuan interpersonal skill, inovasi dan kreatifitas. Enterpreneurship, menurut Prof. Edy adalah bagaimana merubah ide dan invesi menjadi inovasi.

Materi dalam Pelatihan Kewirausahaan kali ini bersifat praksis aplikatif, dimulai dengan materi Wawasan Kewirausahaan yang disampaikan oleh Bapak Thomas Jahardi, seorang pengusaha asal Purbalingga, dilanjutkan dengan Success Story seorang pengusaha sandal yaitu Bapak Muhammad Leli.  Setelah itu, dilanjutkan materi mengenai Pemasaran yang disampaikan dengan sangat praktis, simpel, dan menarik oleh Asto Waluyo.  Setelah istirahat siang acara dilanjutkan dengan materi mengenai Bisnis Plan oleh Ir. Mustaufik, MP dan dilanjutkan dengan materi tentang dasar-dasar pembukuan perusahaan oleh Siti Zulaikha Wulandari. (unsoed.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: